Sabtu, 24 Mei 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Berbicara



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : SMP
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Kelas/Semester            : VIII/Ganjil
Mata Pelajaran            : Bahasa Jawa
Topik                           : Bercerita
Alokasi Waktu            : 2 x 40 menit

Standar Kompetensi : BERBICARA
Kompetensi Dasar     : Bercerita dengan tema tertentu menggunakan ragam bahasa yang
  sesuai.
Indikator                    :
-   Mampu bercerita sesuai dengan tema yang ditentukan.
-   Mampu menanggapi penggunaan unggah-ungguh basa dalam bercerita.
Tujuan                       :
-   Siswa mampu bercerita sesuai dengan tema yang ditentukan.
-   Siswa mampu menanggapi penggunaan unggah-ungguh basa dalam bercerita.
Materi Pembelajaran: Bercerita Pengalaman Pribadi
Metode                       :
-          Ceramah
-          Modeling
-          Tanya jawab
-          Penugasan
Sumber Pembelajaran: Modul, internet, media massa cetak, dan buku referensi lainnya.


Kegiatan Pembelajaran

·      Kegiatan Awal
  1. Guru mengucapkan salam.
  2. Siswa dan guru bertanya jawab tentang cerita apa yang dimiliki siswa yang berhubungan dengan hal-hal yang menarik atau mengesankan.
  3. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa. 
·      Kegiatan Inti
1.      Siswa mendapatkan contoh cerita pengalaman.
  1. Secara individu siswa menyimak contoh cerita pengalaman yang diputarkan oleh guru.
  2. Secara individu, siswa menanyakan berbagai hal mengenai bercerita pengalaman.

·         Elaborasi
  1. Secara individu siswa maju ke depan kelas untuk bercerita pengalamannya masing-masing.
  2. Setiap siswa yang maju sudah selesai bercerita, kelompok yang lain memberi tanggapan.
·         Konfirmasi
  1. Guru dan siswa membahas hasil dari tanggapan yang diberikan dari setiap kelompok kepada yang maju di depan, mengenai unggah-ungguh, diksi, dan pelafalan.
  2. Guru memberikan kesempatan pada siswa untuk bertanya tentang pembelajaran pada hari tersebut.
  3.  
·      Refleksi
  1. Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran pada hari itu.
  2. Guru dan siswa melakukan refleksi pembelajaran.

PENILAIAN
a.      Penilaian Proses
Berdasarkan proses pembelajaran selama KBM berlangsung.
b.      Penilaian Hasil
1.      Apa wae sing prelu digatekne minangka crita pengalaman?
2.      Apa isining crita saka pengalamane kancamu mau?

Pedoman Penskoran
No
Aspek
Skor
1.
Apa wae sing prelu di gatekne minangka crita pengalaman?

10

2.
Apa isining crita saka pengalamane kancamu mau?
10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar